Sabtu, 03 Desember 2011

Koperasi Indonesia vs Koperasi Luar Negeri

Koperasi Di Indonesia

Kini koperasi di Indonesia telah mencatat tiga pola pengembangan koperasi. Yaitu Program pembangunan secara sektoral seperti koperasi pertanian, koperasi desa, KUD,lalu Lembaga-lembaga pemerintah dalam koperasi pegawai negeri dan koperasi fungsional lainnya; dan, Perusahaan baik milik negara maupun swasta dalam koperasi karyawan. Sebagai akibatnya prakarsa masyarakat luas kurang berkembang.

Kemudian dikembangkan dengan dukungan pemerintah dengan basis sektor-sektor primer dan distribusi yang memberikan lapangan kerja terbesar bagi penduduk Indonesia. Sebagian besar KUD sebagai koperasi program di sektor pertanian didukung dengan program pembangunan untuk membangun KUD. Bahkan koperasi secara eksplisit ditugasi melanjutkan program yang kurang berhasil ditangani langsung oleh pemerintah bahkan bank pemerintah, seperti penyaluran kredit BIMAS menjadi KUT, pola pengadaan beras pemerintah, TRI dan lain-lain sampai pada penciptaan monopoli baru.

Dalam pandangan pengamatan internasional Indonesia mengikuti lazimnya pemerintah di Asia yang melibatkan koperasi secara terbatas seperti disektor pertanian.

Perkembangan Koperasi Di luar negri

Perkembangan koperasi di dunia sangat pesat contohnya perkembangan Perkoperasiaan di Johor mengalami perkembangan yang tumbuh dengan pesat. Bahkan sejumlah tokoh koperasi nasional di Malaysia mengawali karir koperasi di Johor.

Dengan berdirinya koperasi yang di beri nama Syarikat Bekerjasama-sama Kampung Tebuk Haji Musa. Perkembangan koperasi di Malaysia tepatnya di negara bagian johor begitu tumbuh pesat ini tidak terlepas dari manajemen yang rapi serta dukungan dari pemerintah malasyia, demi memajukan koperasi di negara tersebut. Selain faktor tersebut ada yang menyebabkan perkembangan koperasi di Malaysia mengalami pertumbuhan yang pesat ini dikarenakan negara bagian johor cukup strategis dalam peta perekonomian Malaysia, dan juga Malaysia sangat berdekatan atau hanya dipisahkan selat sempit dengan Singapura, salah Satu Magnet Perekonomian Asia rupanya dimanfaatkan betul oleh pemerintah negara bagian Johor, akibatnya pertumbuhan ekonomi Johor turut terpacu. saatini setidaknya ada 440 koperasi di Johor dengan jumlah anggota sekitar 350,000 orang, dan total aset senilai RM 420 juta dengan simpanan tunai sekitar RM 141 juta. Dengan dukungan pemerintah Malaysia dalam pembangunan koperasi juga cukup kuat. Seperti halnya di Indonesia, pemerintah Malaysia menyediakan bantuan dana dan teknis dan pendidikan kepada kalangan koperasi. Setiap tahun, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi. Penghargaan tahun ini dianugerahkan kepada koperasi Perumahan Kluang Berhad sebagai koperasi yang berkualitas se Johor. Penghargaan juga diberikan kepada Prof Madya Mohammad Ali Hasan sebagai Tokoh koperasi Johor 2005.

  • Bagaimana perkembangan koperasi di luar negeri sekarang ini ?


Yayasan pengembangan koperasi di luar negeri mengumpulkan amal dana bagi kemajuan pembangunan ekonomi melalui usaha koperasi.
The Cooperative Development Foundation , Koperasi yang terdapat di luar negeri sekarang ini, pertama kali dikembangkan pada saat perang dunia ke 2. Pertama dikenal sebagai Dana Kebebasan, organisasi membantu dalam rekonstruksi dan pengembangan koperasi di luar negeri di Eropa pada era pasca-perang. Hingga saat ini Yayasan Pengembangan Koperasi (CDF) merupakan yayasan yang mempunyai misi untuk mempromosikan masyarakat, ekonomi, dan pembangunan sosial melalui koperasi. Serta memberikan beasiswa untuk staf dan direksi pelatihan bagi anggotanya, pembiayaan pembangunan dari dana pinjaman bergulir untuk proyek perumahan yang terjangkau senior koperasi, baik di perkotaan dan pedesaan, pembiayaan dari dana pinjaman bergulir untuk pembelian atau perbaikan perumahan koperasi mahasiswa, Hibah penghargaan untuk studi kelayakan dan bantuan teknis untuk prakarsa pembangunan inovatif co-op yang memenuhi kebutuhan lansia di pedesaan Amerika, juga membantu para korban bencana alam seperti, Menanggapi bencana alam baru-baru ini, untuk pemulihan ekonomi dari Badai Katrina dan Tsunami Asia Selatan. CDF baru-baru ini menambahkan dana Beasiswa dalam enam bulan terakhir, Ini adalah dana pendidikan yang diarahkan untuk memastikan bahwa generasi muda bisa menjadi pemimpin koperasi. Acara tahunan CDF, upacara yang menghormati pahlawan Koperasi masing-masing dan setiap tahun. Acara ini tidak hanya menyebar ajaran kerjasama di seluruh bangsa, tetapi berfungsi sebagai penggalangan dana besar bagi CDF, juga meningkatkan uang untuk usaha mereka dalam pengembangan koperasi dengan ras tahunan mereka yang diselenggarakan 5 kali kadang selama bulan oktober. Yayasan pengembangan koperasi di luar negeri mengumpulkan amal dana bagi kemajuan pembangunan ekonomi melalui usaha koperasi.


#sumber http://bungajail.blogspot.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus